Kamis, 05 Oktober 2017

studi kasus perusahaan Air Mineral AQUA

                                          TUGAS E-BUSINESS
                          

                  Studi kasus Perusahaan Air mineral AQUA
             (Manajemen strategi &Identifikasi SumberDaya)
                                        
                               Ditujukan Kepada:
                    Dosen E-Business,Bpk.Imam Jayadi

                                 Oleh:

              Nama                      : Lisa Raqiqta Romafirsta
              Nim                         : 3150015
             Fakultas/prog.studi : Ekonomi/S1 Manajemen Keuangan
   
                
                          Institut Bisnis dan Multimedia ASMI-2017

DAFTAR ISI

Halaman

Daftar Isi ........................................................................................................... ....................................1
KATA PENGANTAR ...........................................................................................................................2
BAB I. PENDAHULUAN......................................................................................................................3
I.A. Latar Belakang ............................................................................ ...................................................3
I.B. Tujuan Penulisan......................................................................... ....................................................4
I.C. Manfaat penulisan............................................................................................................................4
BAB II. LANDASAN TEORI...................................................................... ..........................................5
II.A. Manajemen Sumber Daya Manusia........................................... ....................................................6
II.B.Manajemen Sumber Daya Alam......................................................................................................7
II.C.Profil Perusahaan AQUA.... ....................................................... ..............................................8-10
BAB III. PEMBAHASAN ............................................................................ ......................................11
III.A. Penjabaran Kasus .................................................................... ...................................................12
III.B.Pembahasan........................................................................................................................... .13-17
III.C.Manajemen Sumber Daya Manusia &Sumberdaya Alam...................................................... 17-21
BAB IV. PENUTUP...................................................................................... ......................................22
IV.A. Kesimpulan............................................................................... .................................................22
IV.B. Saran......................................................................................... .................................................22
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................... ....................................23










                                                              KATA PENGANTAR

       Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kita.sehingga dapat menyelesaikan makalah studi kasus perusahaan air mineral AQUA.
    Makalah  ini dibuat  ditujukan untuk memenuhi tugas akhir  pengetahuan bisnis. Diharapkan dapat diterima oleh dosen e-business.
     Terlepas dari semua itu,penulis menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan  baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Dimohon dapat dimaklumi karena tidak ada manusia yang sempurna.

     Akhir kata,penulis berharap makalah tersebut dapat memberikan  manfaat  maupun inspirasi terhadap pembaca.





                                                              Jakarta,4 Oktober 2017



                                                              Lisa Raqiqta Romafirsta 





                                               
                                               BAB I
                                        PENDAHULUAN

I.A. Latar Belakang
            Tujuan utama yang diharapkan oleh suatu perusahaan dalam kegiatan usahanya adalah mencapai laba atau nilai yang optimal dengan menggunakan sumberdaya secara efektif dan efisien untuk kelangsungan hidup perusahaan.
Dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan, pihak-pihak yang terlibat paling dominan adalah pihak manajemen dan para pemegang saham. Guna mencapai tujuan perusahaan tersebut, pihak manajemen memiliki tujuan untuk mempertahankan keberhasilan yang akan dicapai dengan melihat kelemahan dan kekuatan yang terdapat dalam perusahaan serta menjalankan kebijaksanaan perusahaan dengan baik dan tepat. Kebijaksanaan tersebut meliputi bidang Pemasaran, Keuangan, Sumberdaya Manusia, Produksi dan sebagainya sehingga memerlukan tinjauan manajmen strategi tertentu. Mengingat PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk merupakan perusahaan yang cukup besar, yaitu sebagai perusahaan yang mempelopori usaha air minum dalam kemasan di Indonesia sejak tahun 1973.
Maka dari itu, pengelolaan modal kerja dalam perusahaan sangat memerlukan perhatian khusus. Perusahaan juga berkepentingan untuk menjaga profitabilitasnya dengan baik agar kondisi krisis yang dialami Indonesia tidak berimbas pada perusahaan sehingga perusahaan akan mampu memperoleh laba di dalam menjalankan usahanya. Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk menganalisis mengenai modal kerja serta kekuatan dan kelemahan PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk dalam memperoleh laba atas penggunaan modalnya, terutama dalam hal ini PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk sebagai perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) berusaha untuk tetap menjaga merk, kemasan, dan produknya sebagai kepuasan pelanggan.
 Nilai-Nilai Grup Aqua :
KEMANUSIAAN : Saling Berbagi,Bertanggung Jawab,Hormat Pada Orang Lain.
 KETERBUKAAN: Sumber Kekayaan dan Perubahan, Suatu Kesempatan Yang Terus Ada.

 KEDEKATAN      : Aksesibilitas,Kredibilitas,Empati.
ANTUSIASME      : Keberanian,Penuh Semangat,Haus Tantangan.            .








Ø  VISI :
Aqua telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama dari 30 tahun.sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973. Kini Aqua menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidup sehat masyarakat indonesia.Dulu dan kini,Aqua tetap dan selalu mejadi yang terbesar dan terdepan di indonesia.volume penjualan Aqua merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
Ø  MISI :
Aqua selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia diantaranya program AKSI ( Aqua Sehat Indonesia) dan AuAI (Aqua untuk Anak Indonesia).

I.B. Tujuan Penulisan
1.      Menaganalisa kasus Perusahaan air mineral Aqua.
2.      Mengaitkan kinerja perusahaan air mineral Aqua dengan kebijakan upah tenaga kerja sesuai dengan rumusan pemerintah.
3.      Merumuskan peran sumberdaya manusia dan sumber daya alam dalam pelaksanaan operasional perusahaan air minum Aqua.
4.      Keterlibatan perusahan air mineral Aqua untuk lingkungan sekitar perusahaan untuk kelestarian lingkungan.
I.C. Manfaat Penulisan
1.      Pemecahan kasus Perusahaan Air mineral Aqua.
2.      Kesetaraan upah dengan kinerja pegawai perusahaan air mineral aqua.
3.      Identifikasi Sumberdaya Manusia dan Sumberdaya Alam.
4.      Mengetahui tanggung jawab perusahaan terhadap kelestarian lingkungan sekitar.
                                                     










  
                                                               BAB II
                                       LANDASAN TEORI

Visi dan Misi
§  Menetapkan Arah dan Misi Organisasi
Visi,misi dan tujuan suatu organisasi akan menentukan arah yang akan dituju oleh organisasi.Tanpa Adanya Visi,Misi dan Tujuan maka kinerja organisasi akan berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan kurang jelas serta mudah diombang-ambing oleh situasidiluar perusahaan.

§  Memahami Lingkungan
Tujuan dari analisis lingkungan ini sendiri dimaksud agar dapat mengerti dan memahami lingkungan organisasi sehingga manajemen mempunyai kemampuan merespon berbagai isi kritis mengenai lingkungan yang mempunyai pengaruh yang cukup kuat terhadap perusahaan.Lingkungan terdiri dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal.Lingkungan Internal adalah lingkungan yang berada di dalam perusahaaan.sedangkan lingkungan eksternal adalah yang berada diluar perusahaan.

§  Memformulasikan Strategi
Perusahaan melakukan analisis kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang dikenal dengan analisis SWOT.Selanjutnya, merumuskan strategi. Strategi atau Sasaran menjelaskan tujuan-tujuan yang spesifik dalam jumlah dan waktu.Dengan demikian sasaran memudahkan untuk perencanaan,pelaksanaan dan pengendalian.Sasaran perusahaan dapat berupa profitabilitas,posisi pasar,produktivitas,kepemimpinan teknologi,pengembangan sumberdaya manusia,hubungan antar karyawan dan tanggung jawab sosial.

§  Mengimplementasikan Strategi
Didalam implementasi strategi perusahaan diharapkan menetapkan atau merumuskan tujuan perusahaan tahunan,memikirkan dan merumuskan kebijakan.memotivasi karyawan serta mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang diformulasikan dapat dilaksanankan.








Text Box: 5
§  Mengevaluasi dan Mengawasi Strategi
Evaluasi dan pengawasan merupakan tahap terakhir dalam proses strategi. Pada dasarnya evaluasi mencakup 3 hal yaitu :
1.      Mereview faktor internal dan eksternal yang menjadi dasar bagi strategi yang sedang berlangsung.
2.      Mengukur kinerja yang telah dilakukan.
3.      Mengambil tindakan yang perbaikan.
                             Evaluasi strategi sangat penting sebab,keberhasilan perusahan dewasa ini
                             tidak menjadi jaminan keberhasilan perusahaan di masa yang akan datang.

II.A. Manajemen Sumberdaya Manusia
         Dalam suatu perusahaan hal yang paling penting diperhatikan selain sumberdaya alam (bahan baku) adalah sumberdaya manusia.Sumberdaya Manusia merupakan pendukung utama tercapai tujuan organisasi.Sumberdaya manusia menempatkan posisi strategis dalam suatu organisasi.maka dari itu sumberdaya manusia harus digerakkan secara efektif dan efisien sehingga mempunya tingkat hasil daya guna yang tinggi.Manajemen SDM adalah rangkaian strategis,proses, dan aktivitas yang didesain untuk menunjang tujuan perusahaan dengan cara mengintegrasikan kebutuhan perusahaan dan individu SDMnya (rivai,2009;1)
             Menurut Andrew dalam Mangkunegara (2013;4) berpendapat bahwa perencanaan sumberdaya manusia atau perencanaan sumberdaya tenaga kerja didefinisikan sebagai proses menentukan kebutuhan tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaanya berintegrasi dengan rencana organisasi.
              Dari beberapa pendapat diatas,ditujukan agar sumberdaya manusia dapat di manfaatkan seefektif dan seefisien mungkin untuk mencapai sasaran yang ditetapkan sumberdaya manusia dapat menentukan kebutuhan akan tenaga kerja berdasarkan peramalan,pengembangan,pengimplementasian,dan pengontrolan kebutuhan tersebut yang berintegrasi dengan rencana organisasi agar tercipta jumlah pegawai,penempatan pegawai secara ekonomis.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia
Perusahaan atau organisasi dalam bidang sumber daya manusia tentunya menginginkan agar setiap saat memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dalam arti memenuhi persyaratan kompetensi untuk didayagunakan dalam usaha merealisasi visi dan mencapai tujuan-tujuan jangka menengah dan jangka pendek. Guna mencapai tujuan manajemen sumber daya manusia yang telah dikemukakan, maka sumber daya manusia harus dikembangkan dan dipelihara agar semua fungsi organisasi dapat berjalan seimbang. Kegiatan sumber daya manusia merupakan bagian proses manajemen manajemen sumber daya manusia yang paling sentral dan merupakan suatu rangkaian dalam mencapai tujuan organisasi. Kegiatan tersebut akan berjalan lancar, apabila memanfaatkan fungsi-fungsi manajemen. Terdapat 2 kelompok fungsi manajemen sumber daya manusia, yang pertama adalahfungsi manajerial diantaranya adalah fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Kedua, fungsi organisasional diantaranya pengadaan tenaga kerja, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemutusan
hubungan kerja (Rivai dan Segala, 2013:13).

II.B. SUMBERDAYA ALAM

          Sumber daya alam adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga nonfisik. Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita.
 Macam-macam Sumber Daya Alam
1.      Berdasarkan Sifat
·Sumber daya alam yang terbarukan
(renewable)Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah. Disebut terbarukan karena
dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali).
· Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable)
Misalnya: minyak tanah, gas bumi, batu tiara, dan bahan tambang lainnya.
·Sumber daya alam yang tidak habisMisalnya, udara, matahari, energi pasang surut, dan energi laut.
2.      Berdasarkan potensi
·Sumber daya alam materi Merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela, dan sebagainya.
·Sumber daya alam energi Merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut laut, kincir angin, dan lain-lain.
·Sumber daya alam ruang Merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.
3.      Berdasarkan jenis
·Sumberdaya alam nonhayati (abiotik)
Sumber daya alam abiotic disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin.
·Sumber daya alam hayati (biotik)
Merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.
          Manusia dituntut menggunakan sumberdaya alam dengan penuh kebijaksanaan. Salah satu bentuknya adalah usaha melestarikan dari istilah konservasi. Usaha pelestarian sumber
daya alam itu tidak terhatas terhadap sumber daya alam abiotik saja, tetapi juga terhadap sumber daya alam biotik. Kedua jenis sumber daya alam itu terdapat di bumi secara tidak merata.Penggunaan sumber daya alam cenderung naik terus karena adanya dua faktor
penyebab:
a)Pertumbuhan penduduk yang cepat
Pertumbuhan penduduk yang cepat sudah dapat dipastikan akan mengakibatkan  meningkatnya pemakaian sumber daya alam yang jika terus menerus terjadi akan dapat membuat sumber daya alam habis.
b) Perkembangan peradaban manusia yang didukung oleh kemajuan sains dan teknologi.
Majunya sains dan teknologi akan mempercepat perubahan budaya manusia, berarti meningkatnya keperluan hidup di mana kesemuanya itu menuntut peningkatan penggunaan sumber daya alam.
Text Box: 7\
II.C. PROFIL PERUSAHAAN  AQUA

         PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia.Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
        Lebih lagi kini group DANONE yang merupakan salah satu produsen terbesar dan terbaik di dunia untuk minuman menjadi bagian dari AQUA. Keunggulan DANONE dalam produk makanan dan minuman bernutrisi menjadikan AQUA semakin baik dan kokoh. Sistem proses dan kualitas AQUA memenuhi standar yang dibuat oleh Good Manufacturing Practice dan Good Sanitation-Hygienic Practice sekaligus kualitas produk akhir sesuai dengan SNI 01-3553-2006 atau “Codex for Bottle Water”. AQUA merupakan merek minuman yang sudah terpercaya hingga puluhan tahun sebagai merek terbaik. Terbukti AQUA sudah menerima berbagai penghargaan yang merupakan wujud kepercayaan dan kepuasan konsumen, antara lain: Indonesian Best Brand Award (penghargaan untuk merek terbaik Indonesia) dari tahun 2003-2004, Indonesian Customer Satisfaction Award (penghargaan untuk merek yang memberikan kepuasan tertinggi kepada konsumennya) dari tahun 2003 dan Indonesian Golden Brand Award di tahun 2005-2007.

Lokasi Sumber Mata Air AQUA
Brastagi
Lampung (Jabung dan Umbul Cancau)
Mekarsari (Kubang)
Subang (Cipondoh)
Wonosobo (Mangli)
Klaten (Sigedang)
Pandaan
Kebon Candi
Mambal
Manado (Airmadidi)



                                          
Sejarah PT. AQUA Golden Mississppi
1973
PT AQUA Golden Mississippi didirikan sebagai pioner perusahaan air minum mineral pertama di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi.
1974
Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp.75,-
1984
Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut.
1985
Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi.
1993
Menyelenggarakan program AQUA Peduli (AQUA Cares), sebagai langkah pendauran ulang botol plastik AQUA menjadi materi plastik yang bisa dapat digunakan kembali.
1995
AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi., sehingga proses produksi menjadi lebih higienis
1998
Penyatuan AQUA dan grup DANONE pada tanggal 4 September 1998. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia.
2003


Perluasan kegiatan produksi AQUA Group ditindaklanjuti melalui peresmian sebuah pabrik baru di Klaten pada awal tahun. Upaya mengintegrasikan proses kerja perusahaan melalui penerapan SAP (System Application and Products for Data Processing) dan HRIS (Human Resources Information System).



Text Box: 9

2004
Peluncuran logo baru AQUA. AQUA menghadirkan kemurnian alam baik dari sisi isi maupun penampilan luarnya. AQUA meluncurkan varian baru AQUA Splash of Fruit, jenis air dalam kemasan yang diberi esens rasa buah strawberry dan orange-mango. Peluncuran produk ini memperkuat posisi AQUA sebagai produsen minuman.
2005
DANONE membantu korban tsunami di ACEH. Pada tanggal 27 September, AQUA memproduksi MIZONE, minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE. MIZONE hadir dengan dua rasa, orange lime dan passion fruit.
2006
Grup AQUA memenangkan Best Brand dan Indonesia Golden Brand. Kami mencetuskan program AQUA Lestari sebagai payung inisiatif keberlanjutan Grup AQUA yang diwujudkan dalam program-program sosial lingkungan dari hulu   ke hilir.
2007
Grup AQUA mencetuskan komitmen terhadap kualitas produknya dengan  nama    AQUA Quality Commitment   (AQC).Grup AQUA   juga meluncurkan program“Satu        untuk Sepuluh”sebagai bagian dari            program WASH yang meningkatkan akses    masyarakat akan air bersih dan fasilitas sanitasi yang ramah  lingkungan,serta promosi perilaku hidup sehat. Melalui Satu untuk Sepuluh,kami berkomitmen memberikan10             liter air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan akses air       bersih   di Nusa Tenggara Timur(NTT)untuk setiap1  liter produk AQUA berlabel   khusus yang    dijual.Grup      AQUA            meraih penghargaan    Indonesian Platinum Brand.
2009
Grup AQUA menerima penghargaan Millenium Development Goals (MDGs) untuk kategori WASH.Grup AQUA juga mendapat  penghargaan Wana Lestari dari Menteri Kehutanan. Wana Lestari merupakan apresiasi langkah konservasi yang         dilakukan pabrik Airmadidi di Sulawesi Utara



                                                          



                                                 
                                                                   BAB III
                                        PEMBAHASAN

III.A. Penjabaran Kasus
         Strategi apa yang diterapkan dalam menghadapi kelemahan dan kelebihan perusahaan PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI, Tbk? Bagaimana gambaran eksternal dan internal perusahaan dalam tata kelola strategi yang diterapkan? Sejauh mana perusahaan menerapkan alternatif strategi sebagai kekuatan perusahaan tersebut? Sumber daya apa saja yang berperan dalam pengelolaan PT.AQUA GOLDEN MISSISSIPPI,Tbk?Apakah upah tenaga kerja sesuai dengan beban tenaga kerja? Mengetahui gambaran eksternal dan internal perusahaan dalam tata kelola strategi yang diterapkan? Mengetahui sejauh mana perusahaan menerapkan alternatif strategi sebagai kekuatan perusahaan tersebut?bagaimana keterlibatan PT.AQUA GOLDEN MISSISSIPPI,Tbk untuk kelestarian lingkungan sekitar?
III.B.PEMBAHASAN
v  Strategi perusahaan menghadapi kelemahan dan kelebihan perusahaan:
1)      Strategi menarik konsumen
Berbagai cara dilakukan oleh PT. Aqua Golden Mississippi untuk menarik konsumen sebanyak mungkin, salah satunya dengan cara memberi selogan yang bagus dari semua produk, membuat iklan yang menarik, promosi di setiap pelosok tanah air, dan lain-lain. Semua ini dilakukan agar semua orang tertarik untuk membeli atau mencoba memakai produk dari PT. Aqua Golden Mississippi yang nantinya diharapkan bisa menjadi pelanggan mereka.
2)      Strategi mempertahankan pelanggan
Di strategi ini PT. Aqua Golden Mississippi berpendapat bahwa pelanggan itu yang paling penting untuk perusahaan. Tanpa pelanggan atau konsumen, perusahaan tidak akan menjadi seperti sekarang ini. Maka dari it demi kepuasan pelanggan PT. Aqua Golden Mississippi memberikan pelayanan dan kualitas yang maksimal dengan tujuan agar pelanggan selalu merasa puas dalam menggunakan produk dari PT. Aqua Golden Mississippi. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpaling kepada produk yang lain.
3)      Strategi promosi untuk menguasai pasar
Untuk dapat menjaring pelanggan yang banyak PT. Aqua Golden Mississippi menggunakan cara yang paling utama, yaitu promosi melalui iklan-iklan yang berkualitas dan mudah dimengerti, baik iklan di media elektronik maupun di media cetak serta yang lainnya.
4)      Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix
Marketing mix merupakan suatu alat marketing yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam pasar target. Dalam hal ini Mizone sebagai produk baru minuman isotonik menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif.

                           
v  Tata kelola lingkungan PT.AQUA DANONE MISSISSIPI
  1. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar lagi yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri.
 A.       Lingkungan Umum
Lingkungan umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal perusahaan yang merupakan faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya berada di luar dan terlepas dari operasi perusahaan. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:
  1. Ekonomi
  2. Sosial
  3. Politik dan Hukum
  4. Teknologi
  5. Demografi

1          Ekonomi
Faktor ekonomi dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena air mineral merupakan suatu barang yang tidak terlalu mahal dan menjadi kebutuhan dalam kehidupan manusia.
2          Sosial
Faktor sosial dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena air mineral bukanlah suatu barang yang dapat digunakan untuk menaikkan prestise seseorang.
3          Politik dan Hukum
 Faktor politik dan hukum dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena perubahan dalam situasi politik dan hukum tidak berpengaruh secara langsung terhadap industri air mineral.
4          Teknologi
Teknologi merupakan faktor yang sangat penting karena dalam pengelolaan air mineral membutuhkan teknologi yang canggih untuk menghasilkan barang yang berkualitas baik.
5          Demografi
Faktor demografi merupakan faktor yang penting karena dapat meningkatkan penjualan dari air mineral semakin besar jumlah penduduk disuatu negara maka secara langsung permintaan terhadap air mineral juga akan tinggi.
B.   Lingkungan Industri
Lingkungan industri adalah serangkaian faktor-faktor-ancaman dari pelaku bisnis baru, supplier, pembeli, produk pengganti, dan intensitas persaingan di antara para pesaing yang secara langsung mempengaruhi perusahaan dan tindakan dan tanggapan kompetitifnya.
                                                   
Kekuatan- kekuatan yang mempengaruhi persaingan industri sebagai berikut:
1.      Ancaman Masuknya Pendatang Baru
Untuk masuk dalam industri air mineral membutuhkan modal yang sangat besar sehingga ancaman masuknya pendatang baru memiliki peluang yang kecil.
2.      Tingkat Rivalitas Di Antara Para Pesaing yang ada
Dalam industri air mineral tidak memiliki khususan atau keunikan dan cenderung merupakan barang yang standar, maka tingkat rivalitas diantara para pesaing yang ada cukup besar.
3.      Tekanan dari Produk Pengganti
Tekanan dari produk pengganti dari air mineral sangat tinggi karena air mineral merupakan sesuatu yang dibutuhkan pada saat itu juga.
4.      Kekuatan Tawar Menawar Pembeli (Substitusi)
Dalam industri air mineral kekuatan tawar menawar pembeli sangat kecil karena air mineral ditawarkan ke pasar dengan harga yang relatif murah dan harganya di semua daerah juga relatif sama.
5.      Kekuatan Tawar-menawar Pemasok
Pada industri air mineral kekuatan tawar menawar dari pemasok cukup kuat karena bahan baku dari air mineral ini berasal dari alam sehingga selalu bergantung pada alam.

2.         Lingkungan Internal
            Lingkungan dari dalam perusahan yang mempengaruhi perusahaan Aqua, antara lain:
                                            I.            Keuangan :
·         Perusahaan Aqua dari segi keuangan sangat kuat karena perusahaan ini merupakan leader dalam industri air minum yang telah menguasai pasar (market leader) air mineral hingga 60%.
  • DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi 74 %, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group.
                                         II.            Pemasaran
  • Memasarkan produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk.
  • Sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan.
  • Pemberian bantuan Aqua untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga perduli terhadap sesama.

                                         
  • Air PDAM yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan

                                      III.            Sumber Daya Manusia
  • Agen penjualan Aqua yang tersebar dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah, hanya dengan pengambilan minimal 20 galon Aqua.
  • Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.
  • Aqua memiliki sumber daya manusia yang sudah terampil dan loyalitas terhadap perusahaan.
                                      IV.            Operasi dan Produksi
  • Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih. Sebagai bagian dari Grup Danone di seluruh dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk manajemen sumber daya air untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya.
  • Mempunyai peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar lokal
                                        V.            Produk
  • Brand Aqua Danone sangat kuat
  • Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua.
  • Kemasan Aqua semakin beragam (dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon).
v Upah Tenaga kerja dengan Beban kerja
       President Director PT Tirta Investama Danone Aqua Group Charlie Cappetti mengatakan,   Danone Aqua memiliki 17 pabrik dengan jumlah pegawai sebanyak 12 ribu. "Aqua memerlukan para pemimpin kompeten untuk mengatur 12 ribu ribu karyawan tersebut." memerlukan kepemimpinan yang berkompeten, Danone Group menerapkan Danone Leadership Code (Committed, Open, Doers, Empowering), yaitu budaya kepemimpinan khas yang diinspirasi dari nilai-nilai perusahaan, lalu pemimpim mempunyai komitmen untuk masa depan yang lebih baik.dengan dimulai oleh pemimpin yang mampu berkompeten,selanjutnya struktural pun akan selaras.baik keseimbangan upah tenaga kerja dengan beban yang ditanggung pekerja.


                                                           
v Strategi Perusahaan

   Dalam era persaingan yang semakin ketat, setiap kali sebuah perusahaan harus mengevaluasi kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat bersaing. Perbaikan ini akan dilaksanakan secara terus menerus, sehingga kinerja perusahaan makin baik dan dapat terus unggul dalam persaingan, atau minimal tetap dapat bertahan. Salah satu strategi untuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja perusahaan adalah dengan cara restrukturisasi.
Jika kita mendengar istilah atau kata restrukturisasi, yang ada dipikiran kita, seolah-olah membicarakan perusahaan yang sedang menurun. Hal ini disebabkan oleh definisi restrukturisasi itu sendiri, yang antara lain sebagai berikut:
1.      Restrukturisasi, sering disebut sebagai downsizing atau delayering, melibatkan pengurangan perusahaan di bidang tenaga kerja, unit kerja atau divisi, ataupun pengurangan tingkat jabatan dalam struktur oganisasi perusahaan. Pengurangan skala perusahaan ini diperlukan untuk memperbaiki efisiensi dan efektifitas (David,F, 1997:226)
2.      Strategi restrukturisasi digunakan untuk mencari jalan keluar bagi perusahaan yang tidak berkembang, sakit atau adanya ancaman bagi organisasi, atau industri diambang pintu perubahan yang signifikan. Pemilik umumnya melakukan perubahan dalam tim unit manajemen, perubahan strategi, atau masuknya teknologi baru dalam perusahaan. Selanjutnya sering diikuti oleh akuisisi untuk membangun bagian yang kritis, menjual bagian yang tidak perlu, guna mengurangi biaya akuisisi secara efektif. Hasilnya adalah perusahaan yang kuat, atau merupakan transformasi industri. Strategi restrukturisasi memerlukan tim manajemen yang mempunyai wawasan untuk melihat ke depan, kapan perusahaan berada pada titik undervaluedatau industri pada posisi yang matang untuk transformasi. Wawasan yang sama diperlukan untuk melakukan turn around pada unit usaha, bahkan pada bisnis yang tidak familiar (Mintzberg & Quinn, 1996:732).
3.      Restrukturisasi perusahaan bertujuan untuk memperbaiki dan memaksimalisasi kinerja perusahaan (Djohanputro, Bramantyo, 2004:2).Padahal setiap kali perusahaan melakukan perbaikan, entah dalam skala kecil, atau skala besar, tujuannya adalah untuk memperbaiki kinerja. Tentu saja perusahaan tak perlu menunggu terjadi penurunan baru dilakukan perbaikan, karena bisa terlambat, sehingga perbaikan perlu dilakukan secara terus menerus. Pada umumnya istilah restrukturisasi digunakan jika perusahaan ingin melakukan perbaikan secara menyeluruh, dan tujuannya adalah untuk memperbaiki dan memaksimalkan kinerja perusahaan.
                               
v  Kelestarian Lingkungan
      PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI, Tbk dalam kaitannya untuk pelestarian lingkungan,perusahaan air mineral sangat mengutamakan beberapa hal antara lain :

·         Kesehatan (Health)

    • AQUA Group berupaya untuk memastikan produk yang dihasilkannya sehat dan berkualitas. Upaya dilakukan sejak pengambilan air baku di sumbernya, sampai proses produksi dan pengemasan.
    • Kami berupaya memberikan informasi dan melakukan promosi produk yang bertanggung jawab. meningkatkan pemahaman konsumen mengenai kesehatan dan kualitas produk dengan memberikan informasi pada label produk, melakukan promosi dan komunikasi pemasaran serta menjaga kepuasan dan privasi pelanggan.

·         Lingkungan Hidup (Nature)

    • AQUA Group berkontribusi terhadap pengelolaan daerah aliran sungai di lokasi pabriknya. Melalui program AQUA Lestari ini diharapkan kualitas dan kuantitas air tanah dapat terus terjaga sehingga semua pihak dapat memanfaatkannya secara optimal
    • Kami melakukan inisiatif-inisiatif dalam mengelola dampak lingkungan dari kegiatan produksi dan operasi AQUA Group. Upaya ini dilakukan demi mencegah dan meminimalkan pencemaran lingkungan dan perubahan iklim

·         Manusia (People)

o    Kami melakukan dua inisiatif yaitu pemberdayaan karyawan sebagai aset perusahaan dan,
o    Inisiatif sosial yang dilakukan oleh karyawan bersama pemangku kepentingan lain. Sebagian besar merupakan program "AQUA Lestari" dan Danone Ecosystem Fund, yang dijalankan oleh AQUA Group dengan dukungan teknis dan dana langsung dari kantor pusat Danone di Paris, Perancis

·         Untuk Semua (For All)

Pilar ini merupakan strategi Danone Group untuk menjangkau konsumen dari berbagai kalangan, termasuk kalangan berpenghasilan rendah









Text Box: 16


v ANALISIS SWOT
1.      Strenght/Kekuatan
o   Keahlian dalam cita rasa Indonesia
o   Produksi rendah biaya
o   Jangkauan distribusi luas
o   Kecepatan dalam menjangkau konsumen
o   Brand yang sudah terkenal
2.      Weakness/kelemahan
o   Terlalu banyak Brand yang dikeluarkan
o   Produk mudah ditiru
o   Permintaan pasar yang belum terpenuhi
3.      Opportunity/Peluang
o    Melakukan ekspansi ke luar negeri
o   Melakukan join dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis
o   Melakukan diversifikasi terhadap produk lain.
4.        Treath/Ancaman
o   Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi
o   Tidak fokus terhadap satu jenis produk AQUA Strategi Dan Keunggulan Perusahaan.

v  ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA DAN  SUMBERDAYA ALAM
SumberDaya Manusia
     Sumberdaya Manusia tidak dapat dipungkiri sangat penting bagi kelangsungan suatu perusahaan.tanpa koordinasi yang cekatan pada sumberdaya manusia,seakan proses produksi produk akan berjalan pincang.dalam kasus ini,terdapat berbagai tantangan bagi manajemen sumberdaya manusia untuk mengelola perusahaan antara lain :
·         Pencapaian masyarakat sebagai keseluruhan.
·         Tujuan fungsional dalam arti tujuan manajemen sumberdaya manusia dalam suatu organisasi.
·         Tujuan pribadi para anggota organisasi.
Disamping itu,peran manajer berpengaruh terhadap jenis,jumlah dan mutu produk,standar prestasi kerja,wajar atau tidaknya seorang pekerja dipromosikan.itu termasuk dari tugas manajer lini.


 Identifikasi Sumberdaya Manusia PT.AQUA Golden Mississippi
     Grup AQUA mempekerjakan sejumlah 11.489 karyawan pada 2015 dan 12.171 karyawan pada 2016.Jumlah karyawan kami meningkat cukup signifikan dibandingkan dengan jumlah tercatat pada periode pelaporan sebelumnya.            Peningkatan jumlah karyawan dilakukan guna mendukung pertumbuhan usaha.
      Pada akhir tahun 2016, kami memiliki 1.536orang karyawan perempuan atau 13% dari jumlah total karyawan Grup AQUA.Sebanyak 3 orang dari kepala divisi di Grup AQUA adalah           perempuan.Empat diantara 17pabrik        AQUA juga dikepalai oleh karyawan perempuan.Di GrupAQUA,kami memberikan perlakuan setara terhadap seluruh karyawan dari segi kebijakan maupun rencana pengembanganSDM.
Ketenagakerjaan,  Tunjangan dan Remunerasi
      Grup AQUA menerapkan kebijakan yang melarang mempekerjakan anak-anak di bawahumur sesuai dengan ketentuan hukum ketenagakerjaan nasional.Kebijakan,pelaksanaan dan prosedur perekrutan mengharuskan setiapkaryawan berusia minimum18 tahun. Grup AQUA sangat menentang perekrutan atas dasar paksaan ataupun kewajiban.Bagi        kami, tenaga    kerja produktif adalah mereka yang bahagia, termotivasi serta bekerja dalam kondisi yang aman dan nyaman.Grup    AQUA memberikan kesempatan kepada setiap karyawan   untuk memperoleh pelatihan,       pengembangan keterampilan, peninjauan kenaikan   karir,
pengembangan kompetensi, lingkungan kerja yang aman dan nyaman,bonus berdasarkan kinerja,asuransi kesehatan dan cuti.Karyawan Grup    AQUA berhak atas paket remunerasi yang terdiri dari gaji,bonus,cuti dengan tunjangan,beragam     tunjangan,perawatan medis, lembur,dan pensiun.Dibandingkan dengan pelaporan pada periode sebelumnya (2014), paket remunerasi karyawan     kami meningkat.Selain itu,bagi karyawan yang mendekati      usia pensiun,GrupAQUA menyediakan pelatihan      masa persiapan pensiun dalam kurun    waktu  12 bulan sebelum        mencapai usia  pensiun.Selama masa  persiapan pensiun ini,            karyawan dibekali dengan berbagai pelatihan termasuk        perencanaan keuangan dan kesehatan.Di Grup AQUA, gaji karyawan   tingkat terendah ditentukan setidaknya setara dengan upah   minimum regional yang berlaku.Seluruh karyawan memiliki komponen-komponen remunerasi sejalan dengan ketentuan perusahaan yang ditentukan sesuai     dengan kinerja individu serta menyesuaikan juga dengan      kinerja            perusahaan.Kami menjunjung            tinggi prinsip kesetaraan,termasuk dalam hal standar            gaji antara karyawan          laki-laki dan perempuan untuk jenis pekerjaan yang sama.          
Rekrutmen Grup     
     AQUA membuka kesempatan bagi setiap orang   yang    memiliki semangat untuk tumbuh dan berkembang bersama kami.Kami    bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencari dan merekrut bakat-bakat            terbaik di bidangnya masing-masing.Pendekatan rekrutmen yang kami lakukan antara       lain bekerja sama dengan universitas-universitas terkemuka         di berbagai daerah,pemasangan iklan di media,dan juga referensi.Selama periode pelaporan,Grup AQUA telah merekrut sebanyak 1.303 karyawan baru. 
Text Box: 18                                        
Perputaran Karyawan
Text Box: 22Text Box: 6Text Box: 3     Tingkat perputaran karyawan berasal dari jumlah keseluruhan karyawan yang   tidak lagi bekerja            bersama kami dikarenakan pengunduran diri, meninggal dunia, atau pensiun.Pada tahun 2011 sebanyak 255 karyawan dan pada tahun 2012 sebanyak 358 karyawan tercatat meninggalkan Grup AQUA karena alasan-alasan tersebut.          
Penilaian Kinerja
     DiGrup AQUA,sistem penilaian    kinerja karyawan menggunakan pendekatan  online, yang diaplikasikan oleh semua unit usaha Grup AQUA di seluruh Indonesia.Sistem online tersebut menggunakan metode khusus untuk   menilai             kualifikasi,kinerja,kelebihan dan area pengembangan karyawan,serta mengidentifikasi jalur karir dan pelatihan yang relevan. Review kinerja          dilakukan 2 kali dalam setahun,yaitu pada pertengahan tahun(disebut mid year review) dan akhir tahun (disebut final evaluation).Kedua aktivitas review tersebut dilakukan merujuk pada Key Performance Indicators (KPI) yang telah ditetapkan pada   awal tahun.Pada tahun 2011 dan 2012,semua         karyawan yang memenuhi syarat dari            seluruh area operasi di Indonesia tercatat   berpartisipasi dalam proses penilaian kinerja ini.     
Dalam  berbisnis,Grup AQUA selalu   menjaga iklim usaha serta persaingan            yang sehat dan taat hukum.Dalam  praktiknya,kami mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 tahun2007 tentang Perseroan Terbatas dan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1995 tentang Larangan Praktik Monopoli dan        Persaingan Usaha Tidak Sehat. Kami       melaporkan bahwa selama periode pelaporan tercatat nihil pengaduan, tuduhan,            sangkaan ataupun indikasi terhadap   kami mengenai praktik monopoli dan persaingan usaha yang tidak sehat.   Sesuai  dengan UU Nomor 40 tahun 2007 tentang     Perseroan Terbatas, pemegang kekuasaan tertinggi           diperusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Grup AQUA adalah pemegang saham melalui            Rapat Umum Pemegang Saham(RUPS). Dalam forum RUPS, pemegang    saham  berhak memperoleh keterangan yang          berkaitan dengan perusahaan  dari Dewan Direksi dan/ atau Komisaris,termasuk memperoleh laporan dan mengevaluasi          kinerja Direksi sesuai dengan agenda  RUPS yang telah ditentukan.Laporan \tahunan sebagai bentuk  pertanggungjawaban Direksi dan      Komisaris        mencakup            antara  lain,     kinerja keuangan,        kegiatan operasional,aktivitas tanggung jawab          sosial   dan            lingkungan,     serta     hasil     evaluasi dan    pengawasan     Komisaris        terhadap          kinerja            Direksi.           
Pemegang saham melalui RUPS berwenang  untuk mengangkat dan memberhentikan Direksi dan Komisaris. Pemilihan Komisaris   dan Direksi merujuk    pada    peraturan dan  perundang-undangan yang berlaku diIndonesia.Grup AQUA selalu memastikan tidak    ada perangkapan jabatan         dalam  Grup    kami
SumberDaya Alam
     Sejak tahap pencarian air tanah dalam hingga proses produksi AMDK,Grup AQUA memiliki kebijakan-kebijakan         yang mengedepankan aspek pengelolaan air  (water management) serta pelestarian sumber-sumber air(water conservation).
   Berbagai kebijakan tersebut memayungi pelaksanaan program dan kegiatan yang diharapkan dapat mencapai tujuan akhir perusahaan, yaitu mengelola kegiatan bisnis secara bertanggung jawab demi keberlangsungan usaha,lingkungan sekitar,kualitas produk,kesehatan dan keselamatan konsumen, serta kesejahteraan semua pemangku kepentingan.Kebijakan Grup AQUA terhadap perlindungan       sumber daya air yang dimaksud mencakup sumberdaya air berkelanjutan,pembangunan berkelanjutan,pendekatan sosial dan lingkungan,dan pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan.
Kebijakan Grup AQUA terhadap Perlindungan Sumber Daya Air
       Sebagai pemimpin pasar dalam industri AMDK,merupakan suatu kewajiban bagi Grup AQUA         untuk memastikan pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya alam yang dimanfaatkannya secara berkesinambungan.Hal ini merupakan hal terpenting dalam pembangunan budaya dan reputasi perusahaan,yang          hanya dapat terwujud melalui             komitmen perusahaan terhadap kondisi di ingkungan sekitarnya.Kebijakan Perlindungan Sumber Daya Air AQUA didasarkan kepada hal-hal berikut:
•           Menjamin kemurnian dan kualitas sumber air dalam rangka menjamin kualitas dan            keamanan produk  demi kepuasan pelanggan.
•           Menjaga kelestarian sumberdaya airnya.
 •          Berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan di wilayah operasi.
 •          Melindungi dan turut  mempromosikan adat dan cagar budaya di sekitar wilayah   operasinya.
Sesuai dengan kebijakan di atas, Grup AQUA mengimplementasikan hal-hal berikut:
 •          Berkomitmen  untuk   mengetahui sistem hidrogeologi dari setiap sumber airnya   dalam            hubungannya   dengan lingkungan dan habitat disekitarnya.
•           Membangun    hubungan yang baik dengan masyarakat di sekitarnya, dan  berkontribusi   kepada            pemberdayaan masyarakat dan kelestarian lingkungan          melalui             program sosial dan lingkungan.
•           Mengimplementasikan untuk tidak menggunakan sumber air melampaui kapasitas            alami yang tersedia. Menugaskan tugas-tugas utama di atas kepada personil yang ahli
            Dibidangnya.



Text Box: 20
                                                  
•           Secara  periodik, memantau dan mengevaluasi pelaksanaandari kebijakan ini.Dalam          mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mengelola sumber daya air dan  industri AMDK,Grup AQUA melalui keanggotaannya dalam Asosiasi Perusahaan  Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) aktif berkontribusi di           Dewan Sumber Daya Air Nasional (DSDAN).Grup  AQUA juga terdaftar danaktif sebagai            anggota di berbagai asosiasi   industri, antara lain Asosiasi   Industri Minuman       Ringan            (ASRIM),Pusat Informasi Produk Industri Makanan dan Minuman  (PIPIMM),      dan Gabungan            Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia.        
      Dalam mewujudkan upaya-upaya perlindungan sumber  air,Grup AQUA memiliki Water Conservation Master Plan yang menjadi panduan perusahaan dalam mengadakan berbagai program dan kegiatan            pelestarian air  dan lingkungan.Hal-hal yang  menjadi pertimbangan dalam pengembangan Master Plan meliputi           alam dan lingkungan,sosial ekonomi, pengembangan kelembagaan,            pendidikan, dan pembiayaan.Sebagai    proyek percontohan, Water Conservation Master Plan telah kami terapkan di 4 lokasi sub-DAS         (subwatershed) di Mekarsari,Klaten,Pandaan dan Keboncandi,        yang fokus pada pengelolaan hutan di sekitar keempatlokasi   tersebut.Dalam pelaksanaannya,kami mendorong keterlibatan aktif para pemangku kepentingan terkait untuk         terjun   ke dalam kegiatan pelestarian air dan  lingkungan yang merupakan salah satu pilar AQUA Lestari.
     Partisipasi para pemangku kepentingan diharapkan bisa meningkatkan rasa tanggung jawab bersamadalam            melindungi tatanan alam di sekitar daerah resapan air dan sumber air dari tindakan perusakan maupun kontaminasi bahan      kimia. Selama periode            pelaporan,Grup AQUA menerima keluhan dari warga sekitar terkait  dampak aktivitas kami terhadap kualitas dan kuantitas air di            sekitar  wilayah operasional.Seluruh keluhan tersebut telah kami tanggapi.Selain itu,kami juga melakukan investigasi bersama-sama dengan staf dari institusi terkait.Berdasarkan hasil investigasi, keluhan warga           terkait  penurunan kuantitas dan kualitas air sungai dan tanah, kebisingan,dan kerusakan jalan disekitar wilayah operasional kami ternyata tidak  semata-mata    disebabkan oleh aktivitas operasional kami.
      Investigasi lebih mendalam menunjukkan bahwa aktivitas seluruh pengguna air di sekitar DAS juga turut mengontribusikan dampak negatif terhadap  kualitas dan kuantitas air. Menyadari hal       tersebut,Grup AQUA mengajak seluruh pelaku usaha dan pemangku kepentingan yang menggunakan air sungai dan tanah untuk   bersikap lebih  bertanggung jawab.     Sikap tersebut kami terapkan melalui             berbagai program,terutama yang berhubungan dengan kegiatan konservasi sumberdaya air,diantaranya adalah program perbaikan jaringan irigasi,       pembuatan waterpond,biopori,dan edukasi kepada generasi  muda melalui            program Sekolah Sahabat Mata          Air yang dilakukan di beberapa lokasi pabrikAQUA.          






                                                            BAB IV
                                             PENUTUP

IV.A. KESIMPULAN
        Dari kasus perusahaan air mineral AQUA,dapat diartikan bahwa pentingnya manajemen untuk mengelola suatu perusahaan.terlebih,perusahaan yang sudah memiliki nama besar seperti AQUA.dari lampiran-lampiran sebelumnya,PT AQUA GOLDEN MISSISSIPPI ternyata memiliki manajemen strategi yang cukup variatif dan memiliki kekuatan untuk mempertahankan para pelangganya.selain itu,pengelolaan sumberdaya Manusia perusahaan air mineral AQUA cukup baik,mereka memperhatikan mutu dan kualitas dari pekerja.Untuk sumberdaya Alam,ternyata pihak perusahaan juga cukup memperhatikannya baik dari kualitas dari air yang mereka ambil.bukan hanya air saja,lingkungan tempat pengexplor air tersebut pun diperhatikan.mulai dari tanah,sampai lingkungan sekitar pabrik.selain itu,dalam segi bisnis Grup AQUA            selalu   menjaga iklim usaha serta persaingan yang sehat dan taat hukum.Dalam praktiknya,kami mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 ahun2007 tentang Perseroan Terbatas dan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1995 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.Dan yang paling penting adalah Mengimplementasikan untuk     tidak menggunakan sumber air melampaui kapasitas alami yang tersedia.

IV.B. SARAN
        Untuk pemula yang ingin mencoba bisnis air mineral,perlu untuk mencontoh manajemen strategi perusahaan air mineral AQUA.yang mula-mulanya menawarkan dari rumah ke rumah penduduk.tapi mungkin untuk sekarang,dapat memanfaatkan media elektronik karena,sebagian kebutuhan manusia berada pada dunia maya untuk masa sekarang. Untuk memulai bisnis ini pun diperlukan modal yang cukup besar mengingat perlu diadakannya observasi sumber mata air yang akan digunakan.jadi,sebaiknya untuk yang memilki modal yang tidak seberapa,sebaiknya menghindari usaha air mineral dan beralih ke usaha yang hanya memerlukan modal sedikit namun,memiliki laba yang lumayan banyak.









                                              DAFTAR PUSTAKA

 

P.Siagian, S. P. (2001). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqua_Danone_Sustainability_Report_2015-2016_













Text Box: 23

1 komentar:

  1. Sloty Casino - Mapyro
    View detailed sloty casino map with details on 서산 출장샵 casinos 울산광역 출장안마 in and around A player has 보령 출장안마 logged in and discovered an 충청남도 출장안마 impressive 20  Rating: 7/10 · ‎10 제주 출장샵 votes

    BalasHapus

studi kasus perusahaan Air Mineral AQUA

                                           TUGAS E-BUSINESS                                              Studi kasus Perusahaan Air m...